Tips agar Anak Dapat Belajar di Rumah Secara Efektif

Lingkungan rumah kita berfungsi sebagai lingkungan belajar pertama bagi anak-anak kita. Selain itu, rumah juga merupakan tempat di mana mereka menghabiskan waktu paling banyak. Oleh karena itu ada baiknya untuk memfasilitasi pembelajaran mereka kapan pun mereka tidak di sekolah, terutama di rumah. 

Sekolah Kristen: Lingkungan Belajar Efektif

Untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif, ada beberapa hal yang harus diingat yang akan kami uraikan lebih lanjut dalam artikel ini.

Menyediakan ruangan khusus

Tantangan paling umum dalam proses pembelajaran di rumah adalah munculnya berbagai macam gangguan. Baik itu televisi, kebisingan, ataupun orang-orang yang berada di rumah. Banyak faktor yang dapat mengurangi tingkat konsentrasi anak di rumah.

Cara terbaik untuk mengurangi gangguan adalah dengan menyediakan ruangan khusus untuk belajar. Tentukan ruangan yang akan memfasilitasi produktivitas anak-anak Anda. Ruangan ini harus bebas dari gangguan, tidak ada hal-hal kecil yang akan menjadi gangguan perhatian. Ruangan tersebut turut memiliki pencahayaan yang cukup, juga untuk meningkatkan konsentrasi.

Penguatan positif (positive reinforcement)

Tindakan positif harus diperkuat dengan penguatan positif, atau positive reinforcement. Dalam ilmu psikologi, positive reinforcement berfungsi untuk menguatkan kelakuan yang bersifat positif dengan tanggapan yang positif.

Dalam hal ini, waktu belajar anak Anda yang produktif harus diperkuat dengan sistem penghargaan dan afirmasi yang memberi motivasi kepada anak Anda. Misalnya, jika dia berhasil belajar dalam kurun waktu tertentu tanpa mengalih perhatian, maka mereka bisa diberikan pujian dan kebebasan untuk bermain sejenak. Afirmasi ini juga dapat diberikan dalam bentuk hadiah, seperti cemilan resep favorit.

Menciptakan rasa tanggung jawab

Ketika kita memberi tahu orang lain apa yang ingin kita lakukan, itu akan memberi rasa tanggung jawab dan juga kewajiban mental untuk menyelesaikan tugasnya. Dalam hal ini, Anda dapat membangun akuntabilitas pada anak Anda, dengan sharing target apa saja yang ingin mereka capai dengan Anda, ataupun teman-temannya. Sehingga mereka ada rasa tanggung jawab untuk menuntaskan target mereka.

Sebagai pesan penutup, belajar di rumah bisa menjadi tantangan dengan semua gangguan yang ada. Ketika fokus menjadi sulit dan konsentrasi terus-menerus terganggu, akan dibutuhkan lebih banyak tenaga untuk tetap fokus. Kami berharap tips yang kami bagikan dalam artikel ini bermanfaat untuk pembelajaran efektif di rumah bagi anak Anda.